Tuesday, January 9, 2018

Tips Membangun Rumah Walet yang Hemat Biaya

Pembuatan rumah walet selalu menelan biaya modal yang cukup mahal. Tetapi dengan tekat yang kuat segalanya bisa di minimalisir, yaitu dengan berbagai cara effesien dalam hal pembuatan rumah walet. Salah satunya adalah mengurangi pembuatan rangkap-rangkap yang tidak diperlukan tetapi tidak mengurangi kualitas rumah walet.




Berikut ini adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk membangun rumah walet minimalis dengan harga murah dan sederhana. 

Pertama, kita dapat mengurangi ukuran gedung walet yang menjadi penyebab utama mahalnya anggaran pembuatan. Jika Anda berpikir bahwa gedung walet semakin besar maka walet akan lebih suka itu tidak benar sama sekali, karena yang terpenting untuk bisnis sarang walet adalah populasi walet di wilayah tersebut, lokasi, dan suara panggil yang cocok di daerah tersebut. Tidak ada gunanya juga membuat gedung walet yang besar tetapi tidak ada burung waletnya sama sekaili. Pengecekan lokasi sangat penting di lakukan.  Dan juga yang perlu di perhatikan adalah tempat keluar masuknya walet tidak terhalang oleh pepohonan atau sejenisnya.

Kedua, bahan-bahan yag diperlukan dalam pembuatan rumah walet. Pertama pada bagian sirip kita bisa menggunakan kayu biasa karena jika menggunakan kayu jati akan memakan anggaran yang cukup mahal. Untuk mensiasati hal tersebut Anda bisa membeli kayu biasa yang tidak mudah berjamur, selalu kering dan tidak berbau. Anda dapat menggunakan ayu jenis meranti merah karena jenis kayu ini sangat disukai walet, dan harganya pun relative murah daripada kayu jati, sehingga Anda dapat menghemat biaya pengeluaran. 

Ketiga, desain rumah walet. Rumah walet bisa langsung Anda hubungkan dengan bagian beakang rumah Anda, atau jika ada rumah kosong jadi bisa hanya dibuat bubungan ke atas lebih tinggi sekitar 2-3 tingkat dengan tinggi kurang lebih 3 m antar lantai.  Yang terpenting cukup untuk menjaring walet. Atau membuat dengan ukuran secukup isi kantong Anda saja secara perlahan bangunan dapat ditambah jika telah terkumpul modal.

Tips: gedung walet dapat di buat dengan kayu biasa. Dan gunakan atap genting press tanah liat untuk menjaga suhu tetap stabil. Jangan menggunakan seng sebagai atap rumah walet.

No comments:

Post a Comment

Ini dia Cara Hemat Membuat Pakan Buatan Buat Makanan Burung Walet

Pada hakikat semua makhluk hidup di muka bumi ini membutuhkan makanan dan minuman untuk kelangsungan kehidupan, begitu halnya dengan Burung ...