Sunday, September 9, 2018

Ini dia Cara Hemat Membuat Pakan Buatan Buat Makanan Burung Walet

Pada hakikat semua makhluk hidup di muka bumi ini membutuhkan makanan dan minuman untuk kelangsungan kehidupan, begitu halnya dengan Burung Walet. Untuk memperoleh makanan dan minuman burung walet keluar dari sarangnya, menempuh jarak dan waktu untuk mencapai sumber pakan yang menyiapkan makanan dan minuman berlimpah dari alam. Pada saat sekarang ini apalagi menghadapi musim kemarau berkepanjangan, tidak menutup kemungkinan pakan alami yang tersedia di alam terbatas jumlahnya, salah satu cara untuk tetap menjaga koloni walet yang sudah tinggal dan bersarang di dalam rumah gedung walet adalah dengan menyiapkan pakan buatan yang dapat menghasilkan makanan.

Berikut ini tips untuk membuat makanan burung walet dengan biaya hemat :

A. Alat dan bahan yang dibutuhkan

  1. Pur / Pakan ayam  sebanyak 2 Kilo
  2. Susu Kental Manis 1 Kaleng
  3. Air secukupnya
  4. Wadah bisa berupa baskom, atau dengan memanfaatkan kaleng/ember plastik bekas cat yang sudah tidak terpakai


B. Cara Membuat
   
Masukkan Pur/Pakan Ayam yang sudah disediakan ke dalam wadah dengan cara mencampur       dengan air secukupnya (dapat menggunakan air yang sudah dipanasi sampai mendidih). Aduk campuran tersebut seperti membuat adonan kue, jangan lupa tambahkan campuran susu kental manis yang sudah disiapkan sebelumnya.
Setelah tercampur secara merata, diamkan campuran tersebut selama beberapa hari di dalam gedung walet, bila perlu tutup wadah yang sudah berisi campuran adonan tadi, tidak perlu ditutup rapat.
Dalam 3-7 hari maka akan muncul banyak sekali ulat - ulat kecil pada wadah tersebut yang nantinya akan menjadi serangga terbang yang menjadi makanan walet.
Penempatannya boleh di dalam bagian void dan ruang inap. Dengan adanya pakan yang tersedia di gedung walet, Insya Allah akan menambah koloni walet pada gedung walet tersebut.

Demikian tips hemat singkat yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat !! Salam Sukses buat kita semua.

   

No comments:

Post a Comment

Ini dia Cara Hemat Membuat Pakan Buatan Buat Makanan Burung Walet

Pada hakikat semua makhluk hidup di muka bumi ini membutuhkan makanan dan minuman untuk kelangsungan kehidupan, begitu halnya dengan Burung ...