Tuesday, January 9, 2018

Cara Efektif Cegah Burung Hantu Masuk Rumah Walet

Cara effektif cegah burung hantu masuk rumah walet - Kasus burung hantu yang memasuki gedung walet sudah sering terjadi. Banyak cara yang mungkin dilakukan agar burung hantu tidak memasuki gedung seperti pemasangan kawat yang dialuri arus listrik pada bagian bibir pintu masuk walet, ada juga yang menggunakan jarum atau pecahan kaca pada bibir pintu, dan sebagainya. Namun cara yang dilakukan hanya sia-sia. 


Burung hantu tetap saja bisa masuk dan menghabisi walet-walet yang berada di dalam gedung, sehingga membuat sulit perkembangan budidaya walet. Sudah sering terjadi burung hantu malah ikut berkembang biak di dalam gedung walet, akibat kurang perawatan atau kontrol.

Burung hantu merupakan hewan pemakan daging, mereka mencari makan disaat malam hari sekitar pukul 7 malam dan kembali ke beristirahat pada jam 04.00 pagi . Mereka sering berburu di area seperti perkebunan dan persawahan. Sasaran mangsa mereka seperti ular katak, tikus, dan lain-lain.

Memang burung hantu sangat bermanfaat bagi para petani di persawahan karena dapat membantu membasmi tikus-tikus penyebab hama di persawahan. Namun tidak bagi para petani walet, kedatangan burung hantu hanya menjadi musibah besar bagi perkembangan budidaya walet. 
Nah, lalu bagaimanakah cara mengatasi atau mencegah burung hantu yang sering masuk gedung walet. Ulas penjelasan di bawah ini



Cara mencegah burung hantu masuk rumah walet 

Cara ini sudah sering dilakukan oleh para pembudidaya walet dan hasilnya pun sangat effektif. berikut langkah-langkah yang dapat diklakukan:
Pasanglah lampu dengan kekuatan 10 watt di atas bibir pintu walet. Posisi lampu berada sekitar 50 cm dari atas pintu walet.
Lampu dinyalakan mulai jam 7 malam dan dipadamkan pada jam 5 pagi.

Fakta:
Burung hantu sangat tidak menyukai cahaya terang. Oleh karena itu dengan cara sederhana ini terbukti sangat effektif untuk  mencegah burung hantu masuk ke rumah walet. 

Itulah tadi sedikit informasi tentang cara effektif cegah burung hantu masuk rumah walet. Semoga artikel kali ini dapat membantu para pembudidaya walet sekalian.

No comments:

Post a Comment

Ini dia Cara Hemat Membuat Pakan Buatan Buat Makanan Burung Walet

Pada hakikat semua makhluk hidup di muka bumi ini membutuhkan makanan dan minuman untuk kelangsungan kehidupan, begitu halnya dengan Burung ...