Tuesday, January 9, 2018

Manfaat Sekat Pada Rumah Burung Walet

Buat Apa Sekat Gedung Walet ? KEJAIBAN - Selalu saja ada yang bertanya apa guna sekat didalam gedung burung walet, bukannya sudah sering saya jelaskan beberapa fungsi dari sekat pada artikel-artikel sebelumnya. Oke saya akan jelaskan kembali ada guna maupun fungsi memasang sekat pada ruang inap burung walet.



Sekat sebaiknya menggunakan kain hitam agar seandainya burung walet tertabrak kepalanya ga sakit kerena cuma nabrak kain. Panjang sekat cukup 20 cm dari papan sirip menggantung ke bawah. Jangan pasang sekat pada lubang masuk atau lubang turun antar lantai rumah brung walet. Keuntunganatau fungsi dari sekat pada ruang inap burung walet ialah burung lebih suka membuat sarang burung walet di belakang sekat terbut di bandingkan tempat terbuka.

Untuk rumah burung walet yang berukuran kecil cukup pakai 1 sampai 2 sekat aja cukup untuk 1 lantai dan sedangkan rumah burung walet yang berukuran besar misal 10 m x 10 m maka di wajibkan sekat 4 sampai 5, dari penelitian burung walet itu suka yang sempit maka dari itu guna sekat untuk membuat kawanan burung walet ini merasa aman.

Berdasarkan pengalaman saya dan membandingkan beberapa rumah burung walet yang menggunakan sekat kain dengan yang tidak menggunakan sekat kain memang sangat jauh berbeda. Rumah burung walet yang memakai sekat kain lebih cepat di sarangi burung, salah satu rumah burung walet di tempat saya yang menggunakan sekat baru berjalan 4 bulan sudah ada 50 an sarang belum termasuk pondasi sarang yang belum jadi.

Sedangkan rumah burung walet yang satunya tanpa sekat kain sehelai pun dalam ruang inapnya kosong melompong 7 bulan baru ada 4 sarang burung walet.

Sangat berbeda kan ? dan ini merupakan tips rahasia cepat sukses dan cepat panen sarang burung walet selain pengaturan suara, suhu dan kelembapan ruang inap. Itu saja dulu info pengalaman yang bisa saya bagikan di pagi yang dingin ini semoga bermanfaat dan salam sukses walet Indonesia.

Salam SUKSES !!

No comments:

Post a Comment

Ini dia Cara Hemat Membuat Pakan Buatan Buat Makanan Burung Walet

Pada hakikat semua makhluk hidup di muka bumi ini membutuhkan makanan dan minuman untuk kelangsungan kehidupan, begitu halnya dengan Burung ...