Sunday, February 4, 2018

Cara Jitu Mencegah Hama Pengganggu Burung Walet

Hama yang hinggap dan menyerang rumah walet pastinya akan mengganggu dan menghambat produktivitas burung walet. Bahkan bisa membuat walet tidak betah dan akhirnya pindah ketempat atau gerung walet lain. Nah berikut ini kami informasikan mengenai jenis hama apa saja yang mengganggu walet dan cara mengatasinya :

1. Semut
   
Tidak semua jenis semut menjadi hama bagi walet, semut yang sering mengganggu adalah semut api. Semut ini menyerang walet dengan cara mengganggu burung walet yang sedang bertelur dan memakan anak walet.

Cara mencegahnya :
Memberi umpan supaya semut mengerumuninya, setelah itu siram menggunakan air panas. (catatan : tidak disarankan untuk yang beragama Islam). Atau dengan menyemprotkan Insektisida pada gedung walet.


2. Tokek dan Cicak

Cara cicak dan tokek menyerang walet yaitu dengan memakan telur dan sarangnya. Jenis hama ini juga akan memakan anak burung walet, terutama tokek. Kotorannya dapat membuat rumah atau ruangan walet menjadi kotor. Kotoran tersebut membuat rumah walet menjadi tercemar sehingga walet tidak betah dalam rumahnya.

Saat tokek memakan telur, ia akan memuntahkan kembali kulitnya ke lantai yang membuat rumah walet menjadi kotor. Kotoran tersebut dapat merubah suhu ruangan sehingga ketenangan burung terganggu.

Cara mengatasinya :
Membuat saluran air disekitar pagar, selain itu tembok luar dicar dan permukaan licin. Lubang ventilasi yang tidak digunakan di rumah walet sebaiknya ditutup saja. Selain itu tokek tidak bisa masuk dengan cara membuat ranjau dan penangkal anti tokek. Bisa berupa seng bergerigi dan tajam, kemudian dipasang disekeliling pintu masuk khususnya sebelah luar.

3. Tikus

Merupakan hama yang memakan telur, sarang, anak dan induk walet. Hewan ini predator yang dapat membuat walet trauma, sehingga walet tidak mau menempati dan pulang ke rumahnya.

Selain itu suara tikus dapat mengganggu ketenangan walet. Kotoran serta kencing tikus juga mengakibatkan suhu dalam ruangan menjadi tidak nyaman.

Cara mencegahnya :
memberi racun tikus, menutup semua lubang kecil, menempelkan seng di lantai dan dibuat dinding menjadi licin supaya tikus tidak bisa memanjat. Adapun cara yang paling efektif yaitu dengan membuat parit yang mengelilingi rumah walet.

4. Kecoa
Kecoa adalah hama yang dapat membuat sarang walet kecil dan cacat. Untuk mencegahnya dapat menyemprotkan Insektisida, menjaga kebersihan, dan membuang barang - barang yang tidak dibutuhkan di dalam rumah walet supaya tidak menjadi tempat persembuyian kecoa.

5. Burung Hantu
Merupakan predator paling ganas. karena dapat merusak semua koloni walet yang berada dalam rumah walet. Apabila burung hantu sudah masuk, dapat dipastikan rumah walet tersebut akan kosong. Burung hantu akan memakan habis walet dengan berbagai cara seperti menghadang walet yang akan masuk, menyergap atau langsung masuk ke rumah walet.

Untuk mencegahnya, bisa dengan memasang lampu dengan kekuatan 10 Watt dan posisi lampu sekitar 50 cm dari bibir Lubang Masuk Burung (LMB). Nyalakan setelah malam dan matikan saat jam 5 pagi.
Bisa juga dengan memasangi tirai pada LMB, yang tertutup setelah malam dan terbuka setelah dini hari.
Dapat pula mengusirnya dengan memasang lem tikus pada tempat yang dihinggapi. Atau dengan cara memasang kaca pada LMB dengan ukuran tertentu supaya burung walet tidak dapat hinggap dan bertengger karena licin.


6. Kelelawar
Kelelawar adalah hama yang cepat berkembang sehingga dapat mendominasi rumah walet. ini bisa membuat walet tidak akan kembali ke rumah walet. Cara mengatasinya dengan menangkap atau bisa dengan mematikannya dengan senapan burung.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat bagi PEWALET TANAH AIR, SALAM SUKSES !!!

No comments:

Post a Comment

Ini dia Cara Hemat Membuat Pakan Buatan Buat Makanan Burung Walet

Pada hakikat semua makhluk hidup di muka bumi ini membutuhkan makanan dan minuman untuk kelangsungan kehidupan, begitu halnya dengan Burung ...